Atasi Nafsu Makan Berlebih (Food Craving)

Food Craving

Nafsu makan berlebih dapat terjadi baik secara fisiologis maupun psikologis, dan kabar baiknya adalah kita dapat meredam dan mengalahkan kedua jenis pemicu nafsu makan berlebih ini dengan beberapa cara sederhana yang telah terbukti efektif, yaitu:

1. Perhatikan waktu makan
Jangan memberikan jeda terlalu lama antara waktu makan. Untuk menghindari nafsu makan yang disebabkan oleh rasa lapar secara berlebih ini solusinya adalah dengan membawa bekal makanan atau mengatur waktu makan yang lebih baik.

2. Makanan tinggi protein & berserat
Untuk membantu mengatasi nafsu makan berlebih, usahakan setiap kali makan harus mengandung nutrisi yang seimbang. Kombinasi sumber makanan tinggi protein seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, dengan sayur-sayuran yang kaya akan serat. Protein membantu mengontrol gula darah dan serat membantu memperlambat pencernaan kombinasi ini dapat mencegah keinginan untuk makan berlebih karena perut terasa kenyang lebih lama.

3. Minum air secara teratur
Dehidrasi dapat menimbulkan keinginan memakan makanan dengan rasa tertentu khususnya makanan yang asin. Solusinya sederhana, minum lebih banyak air putih. Segelas air putih yang menyegarkan dapat membantu kita merasa kenyang dan menekan nafsu makan berlebih. Seringkali apa yang dianggap lapar sebenarnya hanya sekedar rasa haus.

4. Menyibukkan diri
Cara lain untuk memerangi nafsu makan yang disebabkan oleh kebosanan, kecemasan, atau perasaan lainnya adalah dengan mencari kegiatan yang akan mengalihkan pikiran dari makanan. Aktivitas seperti menelepon teman, jalan di mall, melakukan pekerjaan, bermain game, mendengarkan musik, membaca buku, atau menonton film bisa menjadi alternatif.

5. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan. Dalam memilih permen karet pastikan tanpa gula dan mengandung nol atau sedikit kalori. Hal yang perlu diperhatikan atas gula alkohol (sorbitol, xylitol, manitol, dulcitol, inositol) dalam permen karet sugar free adalah dapat menyebabkan gangguan asam lambung apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

6. Menyikat gigi
Kita dapat membuang keinginan untuk makan dengan cara menyikat gigi. Pergi ke kamar mandi kemudian sikat gigi dengan pasta gigi mint. Berkumurlah dengan obat kumur lalu bersihkan gigi dengan benang gigi. Setelah mulut terasa bersih dan segar, keinginan untuk makan sesuatu akan jauh berkurang.

7. Perhatikan apa yang dimakan
Penelitian menunjukkan bahwa memakan makanan olahan seperti roti putih, pasta, dan gula menyebabkan efek adiktif. Hilangkan makanan olahan untuk mempermudah mengurangi nafsu makan berlebih. Perbaiki pola makan dengan mengganti makanan olahan menjadi makanan alami.

8. Hindari konsumsi HFCS (High Fructose Corn Syrup)
Pastikan untuk memperhatikan kandungan sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS) pada label makanan. HFCS tergolong makanan yang diproses secara berlebih dan digunakan sebagai biang pemanis di banyak makanan atau minuman karena murah dan dapat meningkatkan umur penyimpanan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa HFCS bisa memicu nafsu makan berlebih dan memiliki efek yang merugikan untuk kesehatan contohnya seperti penambahan berat badan secara tidak wajar.

Semoga bermanfaat

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*