Bahaya Obat Pelangsing (On Air bersama SINDO TV)

Salam sehat,

Pada tanggal 8 Februari 2013 saya berkesempatan menjadi narasumber untuk salah satu acara di Sindo TV yaitu Bongkar Perkara untuk membahas suatu topik yang tentunya menarik yaitu: “Bahaya dari Obat Kuat & Obat Pelangsing Instant” yang disiarkan pada tanggal 11 Maret 2013.

“Wah, ini topik yang menarik.” ucap saya di dalam hati ketika mendengar topik yang diajukan oleh saudara Jimmy, crew dari Sindo TV. Tentunya saya sangat antusias dan bersyukur sekali dalam menerima tawaran ini karena merupakan suatu kesempatan yang baik agar dapat mengedukasi masyarakat akan bahaya dari obat-obatan yang ternyata masih banyak yang ilegal dan tentunya sangat merugikan kesehatan.

Berikut daftar pertanyaan dan jawaban yang telah saya berikan:

1. Saat ini banyak beredar di pasaran obat-obat kuat penambah stamina maupun pelangsing dan obat ini begitu diminati. Bagaimana tanggapan anda dengan masalah ini?

“Sangat disayangkan sekali bahwa peminatnya cukup banyak, ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat kita belum memahami dengan baik kenapa mereka cepat lelah sehingga membutuhkan obat penambah stamina baik untuk tujuan produktif seperti bekerja atau berhubungan badan. Begitu juga halnya dengan obat pelangsing, dapat disimpulkan bahwa cukup tinggi masyarakat Indonesia yang mengalami obesitas.”

2. Menurut anda, apakah perlu seseorang mengkonsumsi obat kuat untuk meningkatkan performanya dalam beraktifitas?

“Tidak perlu. Karena perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak benar adanya obat kuat di pasaran maupun yang disahkan oleh BPOM Indonesia. Yang ada adalah obat disfungsi ereksi untuk menangani pasien yang memang memiliki permasalahan medis seperti impotensi contohnya sildenafil atau dikenal dengan viagra. Selain itu, obat kuat seperti jamu-jamuan yang mereknya tidak jelas juga tidak melalui uji klinis yang sebenarnya wajib dilakukan sebagai bukti keefektifan dan keamanan apabila dikonsumsi.”

3. Mengenai obat pelangsing, apakah seseorang bisa menurunkan kadar lemak dari tubuhnya hanya dengan mengkonsumsi obat?

“Untuk menurunkan berat badan, bisa saja tetapi dapat dipastikan tidak sehat. Tetapi apabila bertujuan untuk menurunkan kadar lemak, maka mengkonsumsi obat-obatan saja tidak akan bisa. “

4. Banyak yang menggunakan obat pelangsing dibarengi dengan olahraga. Apakah benar-benar berefek terjadi penurunan kadar lemak atau air dalam tubuh?

“Jika sudah mulai berolahraga maka obat pelangsing sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi apabila ingin menurunkan kadar lemak di tubuh. Apabila dikombinasikan dengan obat pelangsing yang tidak jelas, kemungkinan besar malah menghambat performa dalam berolahraga itu sendiri sehingga hasilnya jadi tidak maksimal.”

5. Tips-tips apa dari anda sebagai pakar nutrisi kepada mereka yang ingin menurunkan berat badan secara alami sehingga tidak terjerat dengan obat pelangsing instan?

“Masyarakat perlu memahami bahwa penurunan berat badan sebenarnya sederhana yaitu kalori yang dimakan lebih kecil daripada kalori yang dipakai oleh tubuh. Pahami sumber makanan yang baik untuk kesehatan, olahraga secara teratur, dan cukup istirahat adalah faktor-faktor yang menentukan program penurunan berat badan yang paling baik. Semuanya harus seimbang dan tidak ada yang berlebihan.”

6. Apa yang seharusnya dilakukan oleh seseorang untuk bisa mendapatkan stamina yang prima tanpa mengkonsumsi obat kuat?

“Sama halnya dengan jawaban sebelumnya bahwa faktor penentu badan yang sehat adalah makan makanan yang bergizi contohnya makanan yang tinggi protein, lemak sehat, sayuran, dan buah serta menghindari gorengan maupun makan dan minuman manis, rutin berolahraga secara teratur contohnya 3-5x seminggu, dan istirahat cukup setiap malamnya yaitu antara 7-8 jam tidur. Dengan menjalani hal-hal tersebut, seseorang dapat memperoleh stamina yang prima.”

7. Apakah pola makan dan gaya hidup bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang?

“Oh tentu saja, pola makan memiliki andil paling besar dalam menjaga sistem kekuatan tubuh seseorang. Perlu diketahui bahwa anti body kita ditentukan oleh kesehatan usus atau saluran pencernaan secara keseluruhan. Dengan memakan makanan yang tepat maka kita juga tidak akan gampang sakit. Gaya hidup juga sangat berperan penting, apabila seseorang adalah perokok dan suka begadang maka sudah dapat dipastikan bahwa ia gampang jatuh sakit karena kurang istirahat dan tubuhnya selalu terekspos ke zat racun di rokok.”

Demikianlah rangkuman jawaban dari pertanyaan dengan topikĀ “Bahaya dari Obat Kuat & Obat Pelangsing Instant.” Semoga dapat bermanfaat bagi pemirsa yang telah menonton tayangan tersebut dan juga bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

[Update]

Karena topik ini ternyata memiliki banyak peminatnya, maka diadakan kembali live debate atau siaran langsung yang membahas topik yang sama pada tanggal 14 Maret 2013.

Saya pribadi sebagai narasumber yang menjelaskan efek samping supplement dan langkah untuk memperoleh stamina tubuh yang optimal tanpa supplement. Kemudian ada Ibu Marlinda wakil dari YLKI yang membahas dan menjelaskan tentang regulasi suplemen maupun obat-obatan yang legal dan ilegal di Indonesia. Dr. Okki Ramadian spesialis penyakit dalam yang sangat informatif, beliau menjelaskan secara detail efek samping dari obat kuat dan alasan kenapa bisa menyebabkan kematian apabila dipakai tidak sesuai aturan atau pada konsumen yang memiliki masalah medis. Tentunya topik yang sangat bermanfaat dan edukatif.

Comments are closed.