Interval Training: Cara Cepat Pangkas Lemak Tubuh

Berjalan di treadmill, lari pagi, jogging, atau bersepeda merupakan beberapa olahraga yang bertujuan untuk membakar kalori, tapi ada jenis latihan lain yang akan lebih efisien dan lebih efektif dari kardio yang monoton seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu HIIT. Latihan interval intensitas tinggi atau HIIT dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi lemak dalam tubuh, karena:

- HIIT membangun massa otot
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Mempercepat penurunan berat badan
- Melepaskan kadar Free Fatty Acid dari sel lemak

HIIT dapat mencakup semua jenis olahraga, berjalan, angkat beban, berenang, yang dilakukan bergantian dengan intensitas tinggi dalam periode waktu yang lebih lama dengan intensitas sedang.

Berikut adalah contoh mudah untuk melakukan HIIT:
- Berjalan selama 2 menit, Kemudian berlari selama 1 menit.
- Berjalan 2 menit lagi, Kemudian berlari 1 menit lagi.
Ulangi interval tersebut dalam 15 menit dan lakukan 5 kali pengulangan.

HIIT adalah latihan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena:

- Lebih Cepat
Dengan HIIT, latihan penuh bisa anda lakukan hanya dalam 15 menit. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa 25 menit sesi HIIT meningkatkan manfaat kesehatan lebih dari latihan kardio biasa selama satu jam atau lebih.

- Membakar Lemak Lebih Banyak
HIIT mengenalkan apa yang disebut dengan metabolisme pasca-latihan, yang mana metabolisme tetap meningkat sampai 24 jam setelah sesi latihan anda. Itu berarti anda terus membakar lemak selama satu hari penuh.

- Dapat Dilakukan Kapanpun, Dimanapun
Segala aktivitas berjalan, lompat tali, bersepeda, latihan lutut, segala latihan yang dikonversi ke dalam ritme interval yang memungkinkan anda untuk meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi oksigen bisa dikatakan HIIT. Ini adalah solusi untuk mereka yang ingin mendapatkan otot tanpa berlatih angkat beban terlalu banyak.

- Mempertahankan Massa Otot
Melakukan HIIT beberapa kali dalam seminggu dapat membantu mempertahankan massa otot sekaligus mengurangi lemak di dalam tubuh.

- Bagus Untuk Jantung
HIIT membantu meningkatkan fungsi dari otot-otot di dalam hati dan menyebarkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah beberapa minggu melakukan HIIT, orang yang terlibat dalam penelitian mampu berolahraga hampir dua kali lebih lama durasinya.

- Terbukti Berhasil
Salah satu alasan orang biasanya berhenti diet atau latihan adalah karena mereka tidak melihat hasilnya dengan segera. Dengan HIIT, jelas hasil yang pasti dapat terlihat dalam waktu yang tergolong singkat.

Walaupun memiliki banyak manfaat, HIIT memiliki keterbatasan. Keterbatasan HIIT adalah sangat menyita tenaga dan tidak dapat dilakukan terlalu sering. Kombinasikan olahraga interval tinggi seperti HIIT dengan interval sedang atau rendah untuk memperoleh hasil terbaik.

Semoga bermanfaat

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*