OLAHRAGA ANGKAT BEBAN ITU AMAN!

AMAN MAS BRO

Good people,

Baru-baru ini saya membaca artikel berita di salah satu media yang melaporkan adanya kecelakaan yang terjadi pada seorang ATLET KOMPETITIF saat mengikuti KOMPETISI angkat beban. Walau artikelnya hanya berupa laporan, tetapi sebagai seorang praktisi kebugaran yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan latihan kekuatan / resistensi, saya merasa terpanggil untuk meluruskan pola pandang masyarakat yang menjadi negatif setelah membaca berita tersebut. Lantas, seberapa berbahayakah olahraga angkat beban?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita ketahui bersama manfaat dari olahraga angkat beban.

Manfaat Latihan kekuatan / resistensi

Sederhananya olahraga angkat beban, baik menggunakan alat bantu atau beban tubuh, merupakan bagian dari latihan kekuatan yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan massa otot, memadatkan tulang, memperbaiki postur tubuh, hingga menjadikan tubuh “mesin pembakar kalori” yang efektif karena besarnya energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot dibandingkan lemak. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kualitas motorik dan masa hidup bagi lansia yang aktif melakukan latihan kekuatan sejak muda.

Seberapa berbahayakah angkat beban? Mari kita lihat hasil penelitiannya.

 INJURY SAFETY

Berdasarkan penelitian Journal of Strength and Conditioning Research di atas, angkat beban berada di posisi terendah apabila dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Ini artinya angkat beban adalah olahraga yang aman.

Mengapa olahraga angkat beban aman?

Karena olahraga angkat beban tidak melibatkan kontak fisik seperti olahraga lain dan juga jarang dijadikan sebagai ajang berkompetisi. Apabila tidak yakin dengan penelitian tersebut maka silahkan bertanya kepada fisioterapis atau physical therapist terdekat. Tanyakanlah siapa pasien terbanyak mereka, saya yakin jawabannya adalah pemain sepakbola, basket, lari atau olahraga yang melibatkan kontak fisik atau sering dijadikan ajang kompetisi.

Apa penyebab olahraga menjadi berbahaya?

Sebenarnya banyak sekali penyebab yang membuat olahraga menjadi berbahaya, apapun itu jenis olahraganya. Berikut ini adalah beberapa penyebab utamanya:

1. Ego

Hampir setiap manusia tidak lepas dari masalah ini. Ego adalah faktor penyebab cedera tertinggi karena tidak banyak orang yang rela terlihat lemah atau kalah. Bagaimana dengan istilah push beyond limit? Berusaha keras tidak harus melibatkan ego dan kebanyakan atlet professional paham perbedaan antara keduanya karena mereka memiliki jam terbang yang tinggi. Walau begitu, atlet professional juga manusia sehingga faktor keamanan kadang terabaikan dan konsekuensinya adalah cedera.

egos

Pemula juga tidak luput dari ego. Baik karena dorongan lingkungan ataupun niat yang terlalu besar, pemula seringkali beranggapan mereka mampu menyaingi para professional dengan persiapan yang seadanya.

2. Teknik yang buruk / Kurang latihan

Apapun jenis olahraganya apabila dilakukan dengan keliru pastinya berisiko cedera. Seorang pemula yang masih awam sebaiknya meminta panduan kepada orang-orang yang telah mengerti bagaimana teknik berolahraga yang benar.

danger

Tentunya akan lebih baik lagi apabila belajar langsung dibawah pengawasan praktisi yang berpengalaman dan juga bersertifikat (iya saya promosi APKI hahaha).

3. Sedang tidak sehat / memiliki gangguan kesehatan

Walaupun sudah memiliki wawasan yang baik dan berpengalaman bertahun-tahun melakukan olahraga yang sama bukan berarti dapat terlepas dari cedera olahraga begitu saja. Di saat kondisi tubuh yang sedang menurun alangkah baiknya untuk beristirahat daripada dipaksa untuk berolahraga. Kondisi tubuh yang buruk dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi serta menurunnya kordinasi otak dan otot sehingga risiko cedera semakin meningkat.

4. Fasilitas tidak memadai

Kondisi lapangan yang buruk, beban yang tidak sesuai dengan angka yang tercantum, mesin yang tidak terawat dengan baik, sampai dengan alat yang dipergunakan tidak sesuai fungsinya adalah beberapa faktor lain penyebab cedera.

kettlebell

Ini bukan berarti kita harus berolahraga di fasilitas terbaik tapi pastikan keamanan dari fasilitas yang akan digunakan sudah sesuai dengan standar.

Itulah beberapa faktor penyebab olahraga menjadi berbahaya. Jadi kesimpulannya adalah olahraga angkat beban sangatlah aman apabila dilakukan dengan benar!

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*