Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal

Langkah Mudah Mengelola Berat Badan Anda

Pintar dalam memilih makanan sehari-hari dan menjaga kebugaran adalah langkah untuk mempertahankan berat badan ideal. Berikut ini adalah tips yang telah terbukti efektif:

1. Membangun otot
Pertahankan dan tingkatkan metabolisme dengan terus menambah massa otot karena otot memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak. Jika Anda belum berlatih dengan menggunakan beban, maka mulai dengan menambahkan latihan beban ke dalam program Anda. Jika sudah dilakukan, terus tingkatkan jumlah berat beban dan intensitas latihan secara berkala.

2. Memilih sumber makanan yang baik
Dengan fokus memakan sumber makanan yang membuat rasa kenyang lebih lama dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Contoh sumber makanan tersebut adalah makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber makanan yang tinggi akan kadar protein seperti daging, telur, dan produk olahan susu.

3. Belajar mengontrol nafsu makan
Mulailah belajar untuk menahan keinginan pada makanan yang dapat memicu makan secara berlebihan. Ini bukan berarti tidak boleh memakan makanan seperti makanan penutup yang manis atau gurih, tetapi bagaimana kita belajar untuk membatasi porsinya dan terus berusaha memilih sumber makanan yang lebih baik.

4. Menghitung kalori harian
Langkah lain yang juga terbukti efektif adalah dengan secara teratur menghitung kalori harian. Belajar menghitung kebutuhan kalori harian yang akan kita konsumsi serta mencari tahu kandungan kalori dalam setiap makanan dapat membantu untuk terhindar dari kelebihan asupan kalori harian.

5. Membuat perencanaan makan yang baik
Merencanakan beberapa makanan yang akan dimakan terlebih dulu akan membantu kita untuk fokus dengan menu makan yang sudah diatur sehingga mengurangi kesempatan untuk makan secara berlebihan.

6. Rutin berolahraga
meluangkan waktu minimal 30 menit untuk aktivitas fisik baik cardio atau angkat beban selama 3-5 hari dalam seminggu untuk mempertahankan berat badan ideal sekaligus menjaga agar tubuh tetap kuat dan sehat. Berolahraga tidak perlu dilakukan secara berlebihan karena malah dapat membuat tubuh rentan sakit atau mengalami penurunan performa dalam beraktivitas.

7. Timbang berat badan secara berkala
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menimbang beratnya secara berkala berhasil menjaga berat badan tetap stabil dibandingkan mereka yang tidak pernah mengukurnya. Menimbang secara berkala bisa membuat kita tetap fokus dengan program pengaturan berat badan yang sedang dijalani.

8. Minum susu tinggi kalsium
Meminum susu tinggi kalsium setiap hari membantu dalam pengaturan berat badan. Kalsium telah terbukti membantu meningkatkan oksidasi lemak pada tubuh dan juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

9. Kurangi waktu menonton TV & Bermalas-malasan
Dalam suatu survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga penelitian independen, penonton TV kurang dari 10 jam seminggu lebih baik dalam menjaga berat badan mereka daripada yang menghabiskan lebih banyak waktu bermalas-malasan di depan TV. Salah satu studi dari Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa menonton TV terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan risiko kematian.

Praktekkan tips di atas agar Anda dapat mengontrol berat badan secara konsisten. Selamat Mencoba!

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*