Free Ebook – We Are What We Eat

Cover - We Are What We Eat NEWEST copyUntuk download, klik pada gambar di atas atau tulisan di bawah ini:

WE ARE WHAT WE EAT

KATA PENGANTAR

Rendahnya kesadaran akan kesehatan membuat kita dengan mudah untuk melupakannya. Mengorbankan kesehatan demi penampilan fisik atau ambisi karir adalah contoh yang seringkali terjadi. Tidak sedikit yang baru menyadari pentingnya kesehatan di saat sedang sakit parah.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sehat dan bagaimana mengetahui kita sehat atau tidak? Apakah sehat adalah kondisi dimana badan terbebas dari penyakit atau berdasar hasil dari cek lab yang bagus? Bisa jadi keduanya benar bagi sebagian orang. Pemahaman dan persepsi sehat dapat sangat berbeda antara satu orang dengan yang lain.

Sehat secara optimal membutuhkan sinergi secara konsisten dari beberapa faktor utama yang berperan penting dalam kesehatan itu sendiri, yaitu:

  • Asupan gizi yang benar
  • Berolahraga secara teratur
  • Istirahat yang cukup dan berkualitas
  • Manajemen stress yang baik

Jadi tidak hanya sekedar memiliki hasil cek lab yang bagus saja, optimal di sini artinya dimana seseorang memiliki gaya hidup teratur, tidak rentan sakit, memiliki stamina dan kemampuan berpikir yang baik. Suatu kondisi dan bentuk tubuh yang dimana kita dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki.

Sebenarnya sehat itu mudah tetapi menjadi sulit akibat beberapa hal seperti sifat malas yang berlebihan, keinginan besar untuk solusi instan, pembagian waktu yang kurang berimbang antara aktivitas dengan istirahat, pola makan yang buruk, dan minimnya edukasi yang baik. Permasalahan tidak berhenti sampai disitu, pihak-pihak tertentu yang melihat situasi ini sebagai peluang bisnis menciptakan berbagai macam metode, alat, suplemen, maupun obat diet yang bukannya memberi solusi malah semakin mempersulit keadaan.

Panduan ini tidak untuk mengobati penyakit tetapi lebih menekankan ke sisi edukasi jadi tidak sedikitpun berhubungan dengan metode ekstrim, solusi instan, suplemen, maupun obat-obatan tertentu. Mengapa begitu? Karena sehat secara optimal merupakan cerminan gaya hidup yang benar dalam jangka panjang. Panduan ini dapat diterapkan seumur hidup oleh siapa saja dan dari berbagai kalangan usia sehingga bukan sekedar ilusi sehat sesaat yang seringkali berpotensi sebaliknya.

Tujuan saya menulis panduan ini sebagai kontribusi dan tanggung jawab moral terhadap masyarakat. Banyaknya mitos seputar diet, meningkatnya persentase masyarakat yang bermasalah dengan berat badan, maraknya informasi tidak bertanggung jawab seputar kesehatan membuat saya sulit untuk berdiam diri tanpa melakukan apapun.

Besar harapan saya tulisan sederhana ini dapat memicu lebih banyak praktisi kesehatan yang jauh lebih hebat untuk ikut berkontribusi mengedukasi masyarakat. Sesuai dengan motto yang akan terus saya perjuangkan yaitu:

“Edukasi kesehatan untuk Indonesia yang lebih baik.”

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia terutama Anda.

Selamat membaca,

- Jansen

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

11 Responses

  1. isi dari E-Book nya sangat bermanfaat bagi saya. Wawasan tentang kesehatan semakin bertambah luas. Thx Jansen.

  2. Bukunya sangat memberkati Pak Jansen, ini bisa disosialisasikan dan diajarkan untuk semua kalangan.
    Semoga Pak Jansen membuat lebih banyak buku dan seminar sehingga dapat menjadi berkat bagi lebih banyak orang lagi.

    Ps : saran saya untuk Pak Jansen tambahkan halaman daftar pustaka atau catatan riset yang telah dilakukan / teruji / terbukti pada halaman akhir buku.

    • Terima kasih untuk inputnya. Saya memang mendapat beberapa masukan tentang mencantumkan daftar pustaka dari rekan seprofesi. List sumber journal / studies saya tuliskan pada bagian ini:

      http://www.ask-jansen.com/links/

      Oleh karena sebagian besar studies harus berlangganan untuk memperolehnya, mohon maaf sebesarnya atas keputusan saya untuk tidak menginformasikannya karena merupakan salah satu competitive advantages situs ini.

      Yang pasti moral responsibility dan keselamatan masyarakat adalah prioritas saya.

      Semoga Anda sehat selalu,

      Jansen

      • Terima kasih Pak Jansen karena telah menyempatkan waktu untuk memberikan feedback. Menurut saya e-book Bapak memang perlu diberi sumbernya dari mana Pak, tidak ada maksud apa-apa. Thank you and God bless you Pak Jansen. :)
        G-hound

  3. Mau dong e-booknya. Gmn caranya?

  4. Salam kenal Mas Jansen, senang bisa kenal anda lewat acara Seminar Gizi dimalang (12 Okt 2014).
    ebook nya sangat bermanfaat sekali.
    Banyak hal yang selama ini saya percaya menjadi pertanyaan kembali
    Seperti makan lebih sering, mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan ttg supplement.
    Sebenarnya ingin ikut workshop yang di bogor tapi terlalu jauh Mas, tolong kalau bisa di surabaya juga diadakan.

    Terima Kasih untuk pelajaran berharganya.

  5. Pak Jansen ebooknya keren. Terimakasih banyak yah pak.

  6. Pak Jansen ini jadi inspirasi saya, saya sangat tertarik dengan kesehatan dan fitnes karena tanpa sehat kita tidak bisa apa apa, semoga dengan website ini banyak masyarakat Indonesia banyak membaca hal hal seperti ini diluar aktivitas sehari hari yang masyarakat Indonesia belum sadar bahwa mereka mampu beraktivitas karena sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*