Cara Mudah Pangkas Kalori


Memilih sumber makanan dengan baik adalah kunci untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal, begitu pula dengan menentukan jumlah dari makanan yang akan dikonsumsi merupakan cara yang mudah untuk mengontrol berat badan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membatasi asupan kalori yang tentunya gampang untuk diikuti dan tidak mengurangi kenikmatan makan, antara lain:

1. Mengganti Minyak Masak

Gunakan permukaan alat memasak yang tidak menempel saat memasak makanan atau gunakan cooking spray oil yang disemprotkan pada bagian permukaan panci maupun alat masak. Hindari penggunaan minyak berlebih untuk memasak karena dalam satu sendok makan minyak terdapat kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar 120 kalori.

2. Rutin Minum Air Putih

Minumlah air putih atau minuman tanpa kalori secara rutin dan hindari minuman soda, minuman manis, maupun minuman olahraga (energy drink) yang biasanya tinggi akan kandungan gula.

3. Mengubah Kebiasaan Minum Kopi

Hindari meminum kopi instan yang tinggi akan kandungan gula dan beralihlah ke kopi biasa dan alami untuk menghindari kalori yang tidak perlu. Dengan menambahkan pemanis nol kalori bisa menjadi alternatif yang lebih baik bagi penikmat kopi yang manis.

4. Memodifikasi Resep

Dalam mengolah makanan, gunakan alternatif bahan baku yang lebih rendah kalori tetapi tidak terlalu mengubah rasa dari makanan yang akan diolah. Dengan sedikit memodifikasi resep dapat membantu memotong kalori makanan dalam jumlah yang cukup besar.

5. Menentukan Porsi Makan yang Pas

Merupakan hal yang sulit untuk mengetahui berapa banyak kalori yang akan kita makan terutama dengan trend takaran saji yang semakin hari semakin besar, contohnya seperti kentang goreng ukuran besar, minuman dengan gelas jumbo, dan makanan porsi besar lainnya. Pada saat makan keluar, sebaiknya memesan makanan dengan porsi sedang atau kecil agar asupan kalori tetap terkontrol.

6. Belajar Untuk Katakan Tidak

Berani untuk menolak ajakan dari teman atau keluarga untuk memesan makanan yang tidak sehat atau menghabiskan sisa makanan yang dilimpahkan kepada kita merupakan langkah yang baik untuk memastikan asupan kalori tetap terkontrol. Katakan tidak untuk makanan yang tidak sehat merupakan suatu komitmen untuk memulai hidup sehat.

7. Waspadalah Dengan Bumbu atau Dressing

Sedikit saus tak tampak begitu berbahaya, tetapi hati-hati karena satu sendok makan mayonaise saja sudah mengandung hampir 100 kalori, dan seringkali ditambahkan secara berlebihan ke dalam suatu makanan. Semua bentuk krim terutama krim keju merupakan cara yang singkat untuk menumpuk kalori.

8. Cerdas Dalam Memilih Makanan Pengganti

Substitusi memudahkan untuk mengurangi kalori dan cara untuk tetap dapat menikmati makanan favorit anda. Gunakanlah susu skim daripada susu full cream, pilihlah sereal gandum bukan sereal biasa tinggi gula, pilih daging bagian rendah lemak seperti dada ayam atau has dalam dan bukan bagian lainnya yang berlemak, dan nikmati yoghurt skim daripada es krim yang tinggi lemak dan gula.

9. Hindari Minum Alkohol

Alkohol merupakan salah satu contoh minuman dengan kalori yang sangat tinggi. Untuk alasan kesehatan liver dan agar dapat mengatur asupan kalori dengan baik, seseorang sebaiknya tidak minum lebih dari satu gelas alkohol sehari atau sebisa mungkin menghindari minum alkohol.

Memilih sumber makanan dengan baik dapat membantu mengobati dan menyembuhkan penyakit serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan belajar mengatur pola makan yang baik maka kita akan memperoleh kesehatan, terlihat awet muda, dan tentunya panjang umur. Terapkan langkah-langkah di atas untuk membantu menjaga tubuh tetap ideal, selamat mencoba.

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*