Solusi Sederhana Jika Berat Badan Stuck

Stagnansi: “Setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan melakukan diet, proses penurunan berat badan tiba-tiba berhenti pada satu titik meskipun diet ketat sudah dilakukan.” Hal ini sangat wajar untuk terjadi dikarenakan metabolisme tubuh telah melakukan penyesuaian terhadap diet dan pola hidup yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan perubahan di tengah rutinitas diet yang monoton:

1. Berolahraga Bersama Teman
Penelitian membuktikan bahwa melakukan olahraga bersama seorang teman atau sekedar berbagi dengan teman yang memiliki tujuan sama dapat memotivasi kita untuk berlatih lebih giat dan juga dapat memberikan dorongan semangat dalam usaha menurunkan berat badan.

2. Variasi Dalam Berolahraga
Lakukanlah variasi pada saat berolahraga. Sebagai contoh, berlatih kardio dapat dimulai dengan lari cepat diakhiri dengan jalan perlahan. Contoh lainnya adalah berlatih kardio sesudah olahraga angkat beban.

3. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayuran
Sayur dan buah-buahan mengandung serat yang sangat tinggi dan kaya dengan kandungan air, perut akan terasa lebih cepat kenyang sehingga nafsu makan semakin teratur.

4. Lakukan Olahraga Yang Berbeda
Jangan terfokus pada satu latihan seperti treadmill atau bersepeda. Cobalah lakukan olahraga baru seperti elliptical machine, renang, dll. Selain untuk menganti suasana, tubuh akan merespon dengan berbeda sehingga meningkatkan metabolisme.

5. Hiburlah Diri Dengan Makanan Favorit
Tidak perlu memaksakan diri untuk memakan makanan yang sama setiap harinya. Sekali dalam seminggu manjakan diri dengan makan apapun yang disukai tetapi dalam batasan. Selain dapat dijadikan sebagai penambah mood, momen seperti ini dapat dijadikan sebagai motivasi dalam berolahraga dan meningkatkan kadar hormon leptin yang berperan besar dalam metabolisme.

6. Pastikan Cairan Tubuh Tercukupi
Minum air sangatlah penting bagi tubuh karena air mempercepat metabolisme dan membantu pembakaran kalori.

7. Buatlah Reward Program
Setiap kali berhasil mencapai target yang diinginkan, manjakan diri dengan memberi hadiah kepada diri sendiri. Beberapa contohnya adalah membeli pakaian, menjalani paket massage, atau hal kecil tetapi bermakna untuk Anda.

8. Jangan Makan Terlalu Sedikit
Banyak yang beranggapan dengan mengurangi makan akan membantu menurunkan berat makan lebih banyak dan itu tidak benar. Dengan mengurangi porsi makan, tubuh akan mulai memperlambat metabolismenya karena memasuki fase survival mode.

9. Sisipkan Olahraga Ditengah Rutinitas
Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan cara naik tangga ketimbang menggunakan lift, parkir lebih jauh, atau hal-hal kecil yang membutuhkan kegiatan fisik untuk membantu membakar kalori lebih banyak.

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*