Langkah Terbaik Untuk Melindungi Kinerja Otak Lansia

Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang yang lanjut usia mengalami penurunan fungsi otak yang disebut dengan Demensia atau Pikun yang seringkali disebabkan oleh Alzheimer.

Ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena Alzheimer tidak hanya menghilangkan ingatan, tetapi penyakit ini juga berpotensi mematikan bagi pengidapnya. Efek dari penyakit ini kedengaran sangat mengerikan, tetapi jangan khawatir, penelitian menunjukkan ada tiga cara ampuh untuk mengurangi risiko Demensia.

Beberapa Langkah Untuk Melindungi Kinerja Otak:

  • Berolahraga Secara Rutin

Penelitian menemukan bahwa olahraga secara rutin dapat membantu melindungi dari penurunan fungsi otak. Di sisi lain, olahraga dapat mengurangi stress dengan membuat mood menjadi lebih baik karena peningkatan hormon-hormon seperti serotonin, dopamin, dan norepinephrine yang mana semuanya berperan penting dalam tingkat kebahagiaan seseorang. Perlu diingat bahwa olahraga yang efektif tidak harus melelahkan, jalan santai, olahraga angkat beban yang ringan, atau senam pagi yang dilakukan selama tiga sampai lima jam seminggu sudah termasuk lebih dari cukup.

  • Mengatur Pola Makan Yang Sehat

Agar metabolisme tubuh bekerja optimal, maka diperlukan asupan yang kaya akan nutrisi. Sangat disarankan untuk menjalani diet sehat dengan mengkonsumsi cukup protein setiap hari yang bisa diperoleh baik dari protein nabati dan hewani seperti ayam, ikan, susu, sampai dengan kacang kedelai. Tidak lupa akan asupan lemak sehat dan essensial dari minyak zaitun (olive oil), minyak ikan, alpukat, kacang dan polong-polongan. Lemak memiliki kontribusi yang sangat besar dengan kinerja otak sehingga tanpa asupan lemak yang cukup tentunya dapat mempengaruhi kinerja otak. Buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan mineral juga terbukti dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja otak.

  • Mengendalikan Emosi

Pengendalian emosi dalam hidup sehari-hari sangat memegang peranan penting. Berusaha untuk tidak mengalami stress berat atau terlalu banyak pikiran, karena stress akan memicu produksi berlebihan dari hormon-hormon yang kurang baik seperti hormon kortisol. Kortisol sangat berhubungan erat dengan penuaan dan mood yang kurang baik, dimana akan mengarah kepada depresi dan kecemasan berlebih. Sebaiknya dianjurkan untuk menenangkan diri dan mengendalikan emosi untuk menyeimbangkan energi positif dan negatif di dalam diri. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai, traveling, sampai dengan bersosialisasi dapat menjadi alternatif yang baik.

- Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*